Lomba Menulis Cerpen untuk Amal “Persembahan kepada Bumi”

Tema besar yang kami ambil adalah Persembahan kepada Bumi .
  1. Tema Bencana atau Katastropi Membuat cerita pendek berlatar belakang salah satu bencana yang pernah terjadi di bumi. Tidak harus dari Indonesia saja, tapi boleh dari segala tempat di bumi. Setting cerita menjadi poin utama.
  2. Tema Pengharapan yang Tumbuh Membuat cerita pendek yang mengangkat simbolisasi pengharapan yang tumbuh. Misalnya mengenai fajar, pelangi, benih yang tumbuh, pohon yang berbuah dan lain-lain. Bebaskan imajinasi, asalkan bertema pengharapan.
  3. Tema Bumi di Masa Depan Membuat cerita pendek yang menceritakan kondisi bumi beberapa waktu ke depan. Apakah lebih baik ataukah lebih buruk? Tak usah terlalu jauh juga tak apa, seperti melompat ke beberapa abad ke depan.
Berikut teknis pelaksanaan:
  1. Terbuka untuk umum.
  2. Menulis cerpen dengan genre bebas sesuai tema dan subtema yang dipilih.
  3. Setiap peserta boleh mengirimkan maksimal 1 (satu) cerpen untuk masing-masing kategori, namun boleh mengirim untuk semua kategori.
  4. Panjang cerpen 1200-2000 kata, tidak termasuk judul. Ditulis menggunakan Ms. Word, paragraf justified, font Arial 11, spasi 1.5 tanpa menggunakan spasi before atau after paragraf, margin default.
  5. Cerpen tidak mengandung pornografi dan atau memuat hal-hal yang dapat memicu perpecahan.
  6. Cerpen ditulis dengan memperhatikan EYD, tanda baca, dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bila ada bahasa asing selain bahasa Inggris atau istilah teknis, mohon menyertakan catatan kaki.
  7. Cerpen yang dikirimkan harus original karya penulis, bukan jiplakan, saduran, atau terjemahan. Pihak penyelenggara akan meminta surat pernyataan keaslian naskah, ketika nanti karya penulis sudah dipastikan lolos untuk dibukukan.
  8. Di halaman terakhir cerpen, sertakan biodata penulis yang memuat nama, akun Twitter dan blog jika ada, serta keterangan lain yang dianggap perlu. Biodata ditulis dalam bentuk narasi sepanjang maksimal 5 kalimat.
  9. Cerpen dikirimkan dalam bentuk attachment (bukan ditulis dalam body email) ke bfgwritingprojects@gmail.com dengan subyek email #NulisCerpenBFG – subtema – judul cerpen – nama penulis. Periode pengiriman cerpen dimulai tanggal 28 Januari sampai 28 Februari 2014 pukul 23.59 WIB. Cerpen yang masuk di luar periode tersebut tidak dihitung.
  10. Setelah mengirim email, mohon konfirmasi dengan me- mention Twitter @bookaholicfund dengan format : #NulisCerpenBFG – subtema – judul
Cerpen – Nama penulis.
  1. Cerpen-cerpen yang masuk akan melalui tahap seleksi oleh tim juri pilihan Tim Writing Project BFG. Jumlah cerpen yang lolos akan tergantung pada jumlah peserta dan kualitas naskah yang masuk. Judul cerpen-cerpen yang lolos seleksi akan diumumkan pada tanggal 14 Maret 2014 (estimasi) melalui blog dan Twitter BFG.
  2. Seleksi akan menggunakan sistem blind-scoring, di mana penyeleksi tidak akan mengetahui nama penulis saat menilai karyanya.
  3. Cerpen-cerpen yang lolos akan dibukukan menjadi 3 eksemplar buku sesuai subtema, melalui nulisbuku.com (asumsi).
  4. Karena ini adalah proyek amal, maka bentuk donasi yang diharapkan adalah setiap peserta yang karyanya lolos, dimohon membeli 2 dari 3 buku hasil proyek #NulisCerpenBFG ini. Dengan mengirimkan karyanya, setiap peserta secara otomatis dianggap telah memahami dan menyetujui syarat tersebut. Pernyataan persetujuan peserta harap disertakan dalam surat pernyataan keaslian naskah yang wajib ditandatangani oleh peserta. 
Seluruh donasi yang terkumpul baik dari peserta maupun royalti penjualan buku akan disalurkan untuk amal.
Jika ada pertanyaan mengenai info lomba ini, silakan menghubungi penyelenggara:
@BookaholicFund
Sumber: bookaholicfund.wordpress.com
bookaholicfund.wordpress.com/2014/01/23/nuliscerpenbfg-writing-project-cerpen-untuk-amal/

0 komentar:

Posting Komentar

Masukan Alamat Emailmu Di Sini:

Pengikut